Sabtu, 22 Juni 2019

Teknologi Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Multimedia

Bismillaah..

Assalaamu'alaykum Warohmatulloohi Wabarokaatuh

Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai teknlogi pembelajaran matematika berbasis aplikasi multimedia



  Multimedia berasal dari kata multi dan media. Multimedia berarti banyak media (berbagai macam media), dalam industri elektronika, multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video. 
Menurut Rosch dalam buku M.Suyanto (2005:20), multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks.

  Penggunaan teknologi multimedia membantu dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa agar tidak cepat bosan dalam pembelajaran.

Penggunaan Multimedia dalam pembelajaran 
   Pada dasarnya tujuan dari pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan multimedia adalah dapat menggantikan dan melengkapi tujuan, materi, metode dan alat penilaian yang ada dalam proses belajar mengajar. Dalam penerapan multimedia ini diharapkan akan mampu memberikan perubahan dalam suasana belajar, sehingga dapat menimbulkan motivasi khususnya dalam mengikuti pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.
    Aspek multimedia yang dimiliki komputer dapat memberikan rangsangan atau stimulus dalam belajar. Perubahan suasana dalam proses pembelajaran seperti pengadaan animasi gambar yang menarik disertai iringan musik dapat dijadika alternatif untuk membuat siswa lebih termotivasu untuk berkonsentrasi dalam belajar.

Berbagai aplikasi multimedia dapat dilihat pada penjabaran berikut. Tampak bahwa aplikasi multimedia sangat luas.
  1. Aplikasi presentasi. Multimedia presentasi digunakan untuk menjelaskan materi-materi yang sifatnya teoritis, digunakan dalam pembelajaran klasikal dengan group belajar yang cukup banyak diatas 50 orrang.
  2. CBT/ Computer Based Training, multimedia ini digunakan untuk mepermudah pembelajaran tentang pengetahuan yang menuntut penyajian visual.
  3. Aplikasi Hiburan, digunakan dalam program-program permainan untuk membentuk suasana yang lebih menarik dan interaktif.
  4. Aplikasi Pendidikan,digunakan untuk memvisualisasikan pelajaran-pelajaran yang sulit diterangkan (misalnya matematika) dengan cara konvensional
  5. Aplikasi Penyajian Informasi,dipakai untuk membentuk ensiklopedia atau kamus yang melibatkan teks, gambar, dan suara.
  6. Aplikasi Interaktif
  7. Aplikasi Telkekonferensi
  8. Video Pembelajara
  9. Internet
Adapun keuntungan menggunakan multimedia pembelajaran yaitu:
  • Sistem pembelajaran lebih inovatif dan interaktif
  • pengajar akan selalu dituntut untuk kreatif inovatif dalam mencari terobosan pembelajarran
  • mampu menggabungkan antara teks, gambar, audio, musik, animasi gambar atau video dalam satu kesatuan yang saling mendukung guna tercapainya tujuan pembelajaran.
  • Menambah motivasi pembelajar selama proses belajar mengajar hingga didapatkan tujuan pembelajaran yang diinginkan
*Semoga Bermanfaat*

Assalaamu'alaykum Warohmatulloohi Wabarokaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Media Berbasis Alat Peraga Matematika

Bismillaah... Assalaamu'alaykum Warohamtulloohi Wabarokaatuh.. Alhamdulillaah pada kesempatan kali ini, saya akan  membahas mengenai ...