Sabtu, 22 Juni 2019

Teknologi Pembelajaran Matematika Berbasis Blog

Teknologi Pembelajaran Matematika Berbasis Blog


      Dalam proses pembelajaran matematika sebagian dari siswa menganggap matematika merupakan mata pelajaran yang sangat susah karena didalam pelajaran matematika tersebut banyak rumus dan perhitungan yang dapat membuat siswa cepat bosan dalam belajar. Nah, itulah mengapa pemilihan media sangat penting dalam proses pembelajaran apalagi dalam mata pelajaran matematika. Dalam proses pembelajaran matematika memerlukan suatu alat bantu penunjang belajar, maka sangat perlu sebuah media yang bisa dimanfaatkan oleh pendidik tanpa harus mengadakan jam tambahan disekolah seperti sebuah web atau blog pendidikan yang bisa dibaca dan dipelajari dimana saja. Karena web juga salah satu media yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media alternatif untuk menyampaikan pengetahuan serta menjadi solusi untuk masalah kekurangan jam pembelajaran di kelas. Untuk lebih jelasnya, terlebih dahulu kita harus tahu apa sih itu blog?

         Blog merupakan singkatan dari web log yang artinya adalah suatu bentuk aplikasi'/layanan web yang dibuat untuk memudahkan user dalam mempublikasikan informasi yang dimilikinya melalui tulisan-tulisan yang dimuat dalam sebiah postingan. Blog sendiri mempunyai fungsi yang sangat beragam seperti menjadi sebuah catatan harian, menjadi media publikasi, sampai menjadi sebuah web portal bagi perusahaan. 

Fungsi Blog
  1. Blog sebagai media menulis dimana menulis ini merupakan fungsi itama dari blog
  2. Blog sebagai media bersosialisasi dengan orang lain melalui media internet
  3. Blog sebagai media pembelajaran jika blog berisi tentang materi-materi yang berrsifat akademis
  4. Blog sebagai media berpromosi baik itu melalui jaringan lokal maupun internasional, dengan cara menjual suatu produk atau memanfaatkan blog sebagai media iklan
  5. Blog sebagai media berdiskusi
Adapun manfaat blog dalam dunia pendidikan, yaitu
  1. Mendorong siswa untuk selalu mendokumentasikan apa yang ada dalam pikiran mereka, termasuk di antaranya adalah pengetahuan, pengalaman, perasaan, pendapat, dan lain-lain, dengan metode yang paling sesuai dengan kepribadian masing-masing, apakah itu lewat tulisan, gambar, suara, atau video. Hal ini, selain berguna sebagai ajang latihan mengungkapkan ide-ide yang terpendam, juga berguna untuk penghematan biaya dalam hal publikasi gagasan karena dengan media blog, sebuah gagasan tidak perlu dimuat dalam ribuan lembar kertas agar dapat terpublikasi secara luas. Setiap buah pikiran yang berhasil mereka dokumentasikan sebaiknya diberi apresiasi agar mereka juga semakin terpacu untuk mendokumentasikan pengetahuan yang mereka punya. Apresiasi tersebut tidak harus berupa materi, tapi bisa juga berupa tanggapan, pengakuan, pujian, dan bahkan kritikan atas apa yang berhasil mereka dokumentasikan
  2. Menggantikan kelas-kelas diskusi yang selama ini selalu terbatas pada waktu dan sebuah ruangan fisik, sehingga proses pembelajaran pun dapat diselenggarakan dengan lebih fleksible.
  3. Cara yang efektif untuk meningkatkan minat belajar para siswa. Misalnya seorang guru mempposting suatu permasalahan atau materi pelajaran yang disusun dalam suatu bahasa yang formal tetapi lebih santai. Para siswanya kemudian bisa blogwalking ke blog tersebut dan kegiatan belajar mengajar pun bisa menjadi lebih menyenangkan. Materi pelajaran yang diposting melalui media blog bisa menjadi sebuah konten hebat yang bermanfaat bagi kemajuan dunia pendidikan.
  4. Memperkenalkan teknologi internet di kalangan pelajar dan pengajar, juga bisa menjadi terobosan baru dalam dunia pendidikan. Jadi teknologi yang semakin canggih ini asal dimanfaatkan semaksimal mungkin, diharapkan dapat menghasilkan suatu perubahan besar, tidak hanya di bidang pendidikan, bahkan mencakup semua bidang.

 *Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Media Berbasis Alat Peraga Matematika

Bismillaah... Assalaamu'alaykum Warohamtulloohi Wabarokaatuh.. Alhamdulillaah pada kesempatan kali ini, saya akan  membahas mengenai ...