Sabtu, 22 Juni 2019

Merancang Media Pembelajaran

Bismillaah....
Assalaamu'alaykum Warohamtullooh Wabarokaatuh

Pada postingan kali ini, saya akan membahas mengenai bagaimana sih cara merancang Media Pembelajaran? Nah untuk lebih jelasnya silahkan di simak :)



       Keberhasilan penggunaan media tidak terlepas dari bagaimana media itu direncanakan dengan baik. Media yang dapat mengubah perilaku siswa dan meningkatkan hasil belajarr siswa tertentu, tidak dapat berlangsung secara spontanitas, namun diperlukan analisis yang komprehensif dengan memperhatikan berbagai aspek yang dapat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. 

       Sangat penting bagi seorang pendidik maupun calon pendidik dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.
      
 Adapun prinsip-prinsip pemilihan media pembelajaran, yaitu:
  • Media yang dipilih harus sesuai dengan tujuan dan materi pelajaran, metode mengajar yang digunakan serta karakteristik siswa yang belajar (tingkat pengetahuan siswa, dan jumlah siswa yang belajar)
  • Untuk dapat memilih media dengan tepat, guru harus mengenal ciri-ciri dan tiap-tiap media pembelajaran
  • Pemilihan media pembelajaran harus berorientasi pada siswa yang belajar, artinya media untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa
  • Pemilihan media harus mempertimbangkan biaya pengadaan, ketersediaan bahan media, mutu media, dan lingkungan fisik tempat siswa belajar.
                 
Ada beberapa macam media pembelajaran, diantaranya sebagai berikut:
  • Media visual (media cetak): grafik, diagram, chart, bagan, poster,  kartun, komik, leaflet
  • Media audio: radio, tape recorder, laboratorium bahasa dan sejenisnya
  • Projected still media: slid; over head projector (OHP), in focus dan sejenisnya
  • Projected motion media: film, televisi, video (VCD, DVD, VTR), komputer dan sejenisnya.

             Menurut Soeparno (1987:10-11) ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih media pembelajaran, yaitu:
  1.       Hendaklah kita mengerti karakteristik setiap media, sehingga kita dapat mengetahu kesesuaian media tersebut dengan pesan atau informasi yang akan dikomunikasikan.
  2.       Hendaklah kita memilih media yang sesuai dengan tujuan yang hendak kita capai.
  3.       Hendaklah kita memilih media yang sesuai dengan metode yang kita gunakan.
  4.       Hendaklah kita memilih media  yang sesuai dengan materi yang akan dikomunikasikan
  5.       Hendaklah kita memilih media yang sesuai dengan keadaan siswa, baik ditinjau dari segi jumlahnya, usianya, maupun tingkat pendidikannya.
  6.       Hendaklah kita memilih media yang sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan tempat media itu kita pergunakan.
  7.       Hendaklah kita memilih media yang sesuai dengan kreativitas kita, sebab ada beberapa media tertentu yang efektivitas penggunaannya sangat bergantung kepada kreativitas guru.
  8.       Janganlah kita menggunakan media tertentu dengan alasan bahwa media tersebut merupakan barang baru atau karena media tersebut merupakan satu-satunya media yang kita miliki.

                          ^Semoga Bermanfaat^

    Wassalaamu'alaykum Warohmatulloohi Wabarokaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Media Berbasis Alat Peraga Matematika

Bismillaah... Assalaamu'alaykum Warohamtulloohi Wabarokaatuh.. Alhamdulillaah pada kesempatan kali ini, saya akan  membahas mengenai ...