Bismillaah....Assalaamu’alaykum Warohmatulloohi Wabarokaatuh...Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT. yang senantiasa melimpahkan Rahmat dan Karunia-Nya kepada hamba-hambanya. Sholawat serta salam tetap tercurahkan kepada Nabiullah Nabi Muhammad SAW. yang merupakan sebaik-baik tauladan bagi kita semua dan semoga mendapatkan syafaatnya kelak, Aamiin..
Kata teknologi dan media seringkali kita dengar sekarang ini, apalagi jika kita
berada di lingkungan akademisi. Teknologi pembelajaran berupaya untuk
merancang, mengembangkan dan memanfaatkan aneka sumber belajar. Sehingga dapat
memudahkan atau menfasilitasi seseorang belajar di mana saja, kapan saja, oleh
siapa saja, sesuai dengan kondisi dan kebutuhannya.
Kata Teknologi
berasal dari kata Latin "Tekno" yang bahasa Inggrisnya
"art" dan kata "Logos" atau "Ilmu". Menurut
Webster "Art " adalah keterampilan yang diperoleh dari pengamatan,
studi dan observasi. Teknologi Pembelajaran adalah teori dan praktek dalam
disain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, serta evaluasi tentang proses
dan sumber untuk belajar" (Seels dan Richey, 2000 : 10).
Tujuan utama
Teknologi Pembelajaran adalah untuk memecahkan masalah belajar dan meningkatkan
kinerja pembelajaran Teknologi Pembelajaran terus-menerus mengalami
perkembangan yang pesat dengan mengambil ciri utama yaitu:- Menerapkan
pendekatan sistem- Menggunakan
sumber belajar seluas mungkin- Meningkatkan
kualitas belajar manusia-Berorientasi
pada kegiatan instruksional individual
Adapun media
sangat penting bagi seorang pendidik maupun calon pendidik dalam proses
pembelajaran di kelas. Kata “media” berasal dari bahasa Latin dan merupakan
bentuk jamak dari kata “medium” yang secara harfiah berarti “perantara atau
pengantar”.Media pembelajaran
merupakan perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima agar
penerima mempunyai motivasi untuk belaajar sehingga diharapkan dapat memperoleh
hasil belajar yang lebih memuaskan, sedangkan bentuknya bisa bentuk cetak
maupun non cetak.
Adapun manfaat
dari penggunaan media pengajaran dalam kegiatan belajar mengajar, yaitu:*Media pengajaran
dapat menarik dan memperbesar perhatian anak didik terhadap materi pengajaran
yang disajikan.*Media pengajaran
dapat mengatasi perbedaan pengalaman belajar anak didik berdasarkan latar
belakang sosial ekonomi.*Dapat membantu
anak didik dalam memberikan pengalaman belajar yang sulit diperoleh dengan cara
lain.*Dapat membantu
perkembangan pikiran anak didik secara teratur tentang hal yang mereka alami
dalam kegiatan belajar mengajar mereka, misalnya menyaksikan pemutaran film
tentang suatu kejadiana atau peristiwa, rangkai8an dan urutan kejadian yang
mereka saksikan dan pemutaran film tadi akan dapat mereka pelajari secara
teratur dan berkesinambungan.*Dapat
menumbuhkan kemampuan anak didik untuk berusaha mempelajari sendiri berdasarkan
pengalaman dan kenyataan.
a) Ketepatannya
dengan tujuan pembelajaran, artinya media pembelajaran dipilih atas dasar
tujuan-tujuan instruksional yang telah ditetapkan. Tujuan-tujuan instruksional
yang berisikan unsur pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis lebih memungkinkan
digunakannya media pembelajaranb) Hubungan
terhadap isi dan bahan pelajaran. Artinya bahan pelajaran yang sifatnya fakta,
prinsip, konsep dan generalisasi sangat memerlukan media agar lebih mudah
dipahami siswac) Kemudahan
memperoleh media. Artinya media yang diperlukan mudah diperoleh, setidaknya
mudah dibuat oleh guru pada waktu mengajard) Keterampilan
guru dalam menggunakannya.e) Tersedia waktu
untuk menggunakannya.f) Sesuai dengan
taraf berfikir siswa.
Media
pembelajaran dapat mempertinggi proses belajar siswa dalam proses belajar siswa
dalam pengajaran yang pada gilirannya diharapkan dapat mempertinggi hasil
belajar yang dicapainya.
Sekian & Terima Kasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar