Sabtu, 22 Juni 2019

Konsep Dasar Teknologi dan Media Pembelajaran


Bismillaah....Assalaamu’alaykum Warohmatulloohi Wabarokaatuh...Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT. yang senantiasa melimpahkan Rahmat dan Karunia-Nya kepada hamba-hambanya. Sholawat serta salam tetap tercurahkan kepada Nabiullah Nabi Muhammad SAW. yang merupakan sebaik-baik tauladan bagi kita semua dan semoga mendapatkan syafaatnya kelak, Aamiin..
          Kata teknologi dan media seringkali kita dengar sekarang ini, apalagi jika kita berada di lingkungan akademisi. Teknologi pembelajaran berupaya untuk merancang, mengembangkan dan memanfaatkan aneka sumber belajar. Sehingga dapat memudahkan atau menfasilitasi seseorang belajar di mana saja, kapan saja, oleh siapa saja, sesuai dengan kondisi dan kebutuhannya. 
       Kata Teknologi berasal dari kata Latin "Tekno" yang bahasa Inggrisnya "art" dan kata "Logos" atau "Ilmu". Menurut Webster "Art " adalah keterampilan yang diperoleh dari pengamatan, studi dan observasi. Teknologi Pembelajaran adalah teori dan praktek dalam disain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, serta evaluasi tentang proses dan sumber untuk belajar" (Seels dan Richey, 2000 : 10).
         Tujuan utama Teknologi Pembelajaran adalah untuk memecahkan masalah belajar dan meningkatkan kinerja pembelajaran Teknologi Pembelajaran terus-menerus mengalami perkembangan yang pesat dengan mengambil ciri utama yaitu:- Menerapkan pendekatan sistem- Menggunakan sumber belajar seluas mungkin- Meningkatkan kualitas belajar manusia-Berorientasi pada kegiatan instruksional individual
        Adapun media sangat penting bagi seorang pendidik maupun calon pendidik dalam proses pembelajaran di kelas. Kata “media” berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata “medium” yang secara harfiah berarti “perantara atau pengantar”.Media pembelajaran merupakan perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima agar penerima mempunyai motivasi untuk belaajar sehingga diharapkan dapat memperoleh hasil belajar yang lebih memuaskan, sedangkan bentuknya bisa bentuk cetak maupun non cetak.
          Adapun manfaat dari penggunaan media pengajaran dalam kegiatan belajar mengajar, yaitu:*Media pengajaran dapat menarik dan memperbesar perhatian anak didik terhadap materi pengajaran yang disajikan.*Media pengajaran dapat mengatasi perbedaan pengalaman belajar anak didik berdasarkan latar belakang sosial ekonomi.*Dapat membantu anak didik dalam memberikan pengalaman belajar yang sulit diperoleh dengan cara lain.*Dapat membantu perkembangan pikiran anak didik secara teratur tentang hal yang mereka alami dalam kegiatan belajar mengajar mereka, misalnya menyaksikan pemutaran film tentang suatu kejadiana atau peristiwa, rangkai8an dan urutan kejadian yang mereka saksikan dan pemutaran film tadi akan dapat mereka pelajari secara teratur dan berkesinambungan.*Dapat menumbuhkan kemampuan anak didik untuk berusaha mempelajari sendiri berdasarkan pengalaman dan kenyataan.
         Ada beberapa kriteria atau beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih media pembelajaran di antara tersebut adalah:
a) Ketepatannya dengan tujuan pembelajaran, artinya media pembelajaran dipilih atas dasar tujuan-tujuan instruksional yang telah ditetapkan. Tujuan-tujuan instruksional yang berisikan unsur pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis lebih memungkinkan digunakannya media pembelajaranb) Hubungan terhadap isi dan bahan pelajaran. Artinya bahan pelajaran yang sifatnya fakta, prinsip, konsep dan generalisasi sangat memerlukan media agar lebih mudah dipahami siswac) Kemudahan memperoleh media. Artinya media yang diperlukan mudah diperoleh, setidaknya mudah dibuat oleh guru pada waktu mengajard) Keterampilan guru dalam menggunakannya.e) Tersedia waktu untuk menggunakannya.f) Sesuai dengan taraf berfikir siswa.
      Media pembelajaran dapat mempertinggi proses belajar siswa dalam proses belajar siswa dalam pengajaran yang pada gilirannya diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapainya.

Sekian & Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Media Berbasis Alat Peraga Matematika

Bismillaah... Assalaamu'alaykum Warohamtulloohi Wabarokaatuh.. Alhamdulillaah pada kesempatan kali ini, saya akan  membahas mengenai ...