Sabtu, 22 Juni 2019

Media Berbasis Alat Peraga Matematika

Bismillaah...
Assalaamu'alaykum Warohamtulloohi Wabarokaatuh..

Alhamdulillaah pada kesempatan kali ini, saya akan  membahas mengenai media berbasis alat peraga SMP dan SMA.



Menurut Estiningsih (1994) Alat Peraga merupakan media pembelajaran  yang  mengandung atau  membawakan  ciri-ciri dari konsep yang  dipelajari. Alat  peraga adalah  suatu benda asli  dan benda tiruan yang digunakan dalam proses belajar mengajar yang menjadi dasar bagi tumbuhnya konsep berpikir abstrak bagi peserta didik.
Alat peraga matematika dapat diartikan sebagai suatu  perangkat benda  yang dirancang,  dibuat, dihimpun atau  disusun  secara  sengaja  yang  digunakan  untuk  membantu menanamkan  atau  mengembangkan  konsep-konsep  atau  prinsip-prinsip dalam matematika.

Dengan demikian alat peraga dalam pembelajaran matematika berfungsi sebagai:
  1. Motivasi dalam proses belajar mengajar, khususnya bagi peserta didik  akan  dapat  timbul  minat  belajar  sehingga  tercapainya tujuan belajar
  2. Konsep  abstrak  matematika tersajikan  dalam  bentuk  konkrit sehingga  lebih  mudah  untuk  dipahami  dan  dimengerti  serta dapat ditanamkan pada tingkat yang lebih rendah
  3. Hubungan  antara  konsep  abstrak  matematika  dengan  benda-benda di alam sekitar akan lebih dapat dipahami dengan jelas. 
  4. Konsep-konsep  abstrak  yang  disajikan  dalam  bentuk  konkrit yaitu  dalam  bentuk  model  matematika  yang  dapat  dipakai sebagai  objek  penelitian  maupun  sebagai  alat  untuk meneliti ide-ide baru dan relasi baru
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat alat  peraga adalah sebagai berikut: 
  1. Tahan lama (dibuat dari bahan-bahan yang cukup kuat)
  2. Bentuk dan warna menarik.
  3. Sederhana dan mudah dikelola
  4. Ukuran sesuai (seimbang) dengan ukuran fisik anak. 
  5. Dapat menyajikan konsep matematika baik dalam bentuk riil, gambar atau diagram. 
  6. Sesuai dengan  konsep matematika. 
  7. Dapat menunjukan konsep matematika dengan jelas. 
  8. Peragaan  itu  dapat  menjadi  dasar  bagi  tumbuhnya  konsep berfikir abstrak siswa. 
  9. Bila  kita  mengharapkan  agar  peserta  didik  belajar  aktif (individual  atau berkelompok)  alat peraga  yang  di gunakan dapat diraba, dipegang, dipindahkan, dimainkan, dipasangkan, dan dicopot (diambil dari susunannya). 
  10. Kadangkala  alat  peraga  tersebut  dapat  berfaedah  lipat (banyak).


Adapun kelebihan penggunaan alat peraga antara lain : 
  1. Menumbuhkan  minat  belajar  peserta didik  karena  pelajaran menjadi lebih menarik 
  2. Memperjelas  makna  bahan pelajaran  sehingga peserta  didik lebih mudah memahaminya 
  3. Metode mengajar akan lebih bervariasi sehingga peserta didik tidak akan mudah bosan  
  4. Membuat  lebih  aktif  melakukan  kegiatan  belajar  seperti : mengamati, melakukan, mendemonstrasikan dan sebagainya. 
Sedangkan kekurangan penggunaan alat peraga antara lain : 
  1. Mengajar dengan memakai alat peraga lebih banyak menuntut guru. 
  2. Banyak waktu yang diperlukan untuk persiapan 
  3. Perlu kesediaan berkorban secara materi

^SEKIAN & TERIMA KASIH^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Media Berbasis Alat Peraga Matematika

Bismillaah... Assalaamu'alaykum Warohamtulloohi Wabarokaatuh.. Alhamdulillaah pada kesempatan kali ini, saya akan  membahas mengenai ...