Selasa, 02 April 2019

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
Refleksi Mata Kuliah: Teknologi & Media Pembelajaran Matematika (TeMPe Matematika)
Pertemuan 6

Bismillaah.................
Assalaamu’alaykum Warohmatulloohi Wabarokaatuh.
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala nikmat-Nya, Shalawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada baginda Muhammad SAW.....
Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memposting mengenai langkah-langkah dalam menyusun RPP, dan tentunya RPP ini sangat dibutuhkan oleh pendidik maupun calon pendidik dalam mengajar nantinya. Untuk itu, yang masih bingung dengan RPP dan cara penyusunan RPP, yukk langsung saja disimak pembahasannya.
Chek It Out!!!

Pengertian RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP disusun berdasarkan KD atau sub tema yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.

Komponen RPP

  • Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan
  • Identitas mata pelajaran atau tema/sub tema;
  • Kelas/semester;
  • Materi pokok;
  • Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
         Alokasi Waktu Jam Tatap Muka Pembelajaran
         SD/MI : 35 menit
         SMP/MTs : 40 menit
         SMA/MA : 45 menit
         SMK/MAK : 45 menit

  • Kompetensi Inti
          Kompetensi inti merupakan kompetensi yang mengikat berbagai kompetensi dasar ke dalam aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran.
  • Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
  • Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD
  • Materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  • Metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai; 
  • Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran; sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan; 
  • Langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan 
  • Penilaian hasil pembelajaran


Pelaksanaan Pembelajaran
Pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP, meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan penutup.
  • Kegiatan Pendahuluan
  1. Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
  2. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
  3. Memberi motivasi belajar siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional;
  4. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
  5. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
  • Kegiatan Inti
Kegiatan inti menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran. Pemilihan pendekatan tematik dan/atau tematik terpadu dan/atau saintifik dan/atauinkuiri dan penyingkapan (discovery) dan/ataupembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (project based learning)disesuaikan dengan karakteristik kompetensi dan jenjang pendidikan.
  • Kegiatan Penutup
  1. Dalam kegiatan penutup, guru bersama siswa baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi:
  2. Seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
  3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
  4. Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok; dan
  5. Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.


Penilaian Proses Pembelajaran
Penilaian proses pembelajaran menggunakan pendekatan penilaian otentik (authentic assesment)yang menilai kesiapan siswa, proses, dan hasil belajar secara utuh.

Semoga bermanfaat
Sampai jumpa di postingan selanjutnya yahh....
 Wassalaamu’alaykum Warohmatulloohi Wabarokaatuh

Nama : Faisyah Rahayu Rustam
NIM : 170109008
Prodi : Tadris Matematika
Semester : IV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Media Berbasis Alat Peraga Matematika

Bismillaah... Assalaamu'alaykum Warohamtulloohi Wabarokaatuh.. Alhamdulillaah pada kesempatan kali ini, saya akan  membahas mengenai ...